Empat Fakta Rahasia Lemak Perut

di tulis oleh Irfandi William Gates | 03.56 | | 0 komentar »


Empat Fakta Rahasia Lemak Perut

Berut buncit merupakan salah satu yang dibenci setiap kaum pria. (SuaraMedia News)
Berut buncit merupakan salah satu yang dibenci setiap kaum pria. (SuaraMedia News)
Memiliki perut rata sekaligus berotot atau yang dikenal dengan 'six-pack abs' merupakan impian hampir semua orang dewasa. Jika Anda sudah berusia paruh baya, pernah hamil, atau kadang-kadang mengonsumsi terlalau banyak makanan atau bir, kemungkinan Anda mempunyai beban di perut yang perlu dihilangkan. Bagaimana cara terbaik mengikis lemak perut? Apakah cukup dengan menambah makanan tertentu ke dalam diet atau dengan olahraga? Berikut beberapa fakta dari para pakar yang bisa menjadi panduan Anda.

Mudah hilang

Menurut pakar kesehatan, lemak perut bisa hilangkan. Tapi, tidak ada formula khususnya."Tidak ada senjata ajaib, pola diet, makanan tertentu, atau tipe olahraga yang khusus menghilangkan lemak perut. Tapi berita bagusnya, lemak perut merupakan lemak pertama yang cenderung hilang saat Anda menurunkan berat badan," tutur Michael Jensen, MD, seorang spesialis Endokrinologi dan pengamat obesitas dari Mayo Clinic. 

Menurut Jensen, 99% orang yang menurunkan berat badan mengalami penghilangan lemak di area perut terlebih dahulu sebelum area tubuh lainnya. Mengapa demikian? Lemak visceral, jenis lemak yang tertanam di daerah pinggang lebih aktif secara metabolik dan lebih mudah dihilangkan dibandingkan lemak subcutaneous di bawah kulit. Dan semakin banyak Anda menurunkan berat badan, maka semakin cepat Anda menghilangkan lemak perut.

Bisakah whole grain bantu hilangkan lemak perut?

Sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, diet kalori terkontrol yang kaya whole grain bisa mengurangi lemak dari area pinggang partisipan yang obesitas. Partisipan yang makan whole grain (sebagai tambahan terhadap 5 takar buah dan sayur, 3 takar produk susu rendah lemak, dan 2 takar daging rendah lemak, ikan, atau unggas) menghilangkan lebih banyak berat badan dari area perut dibandingkan kelompok lain dengan diet yang sama, tetapi dengan karbohidrat olahan.

"Mengonsumsi diet kaya whole grain sambil mengurangi karbohidrat olahan akan mengubah respon glukosa dan insulin sehingga akan lebih mudah menggerakkan timbunan lemak," tutur peneliti Penny Kris-Etherton, PhD, RD, dari Penn State University, seperti dikutip situs webmd.

Bisakah lemak tunggal tidak jenuh hilangkan lemak perut?

Sebuah buku berjudul The Flat Belly Diet mengungkapkan bahwa Anda bisa menghilangkan lemak perut dengan mengonsumsi diet 1.600 kalori yang kaya lemak-lemak tunggal tidak jenuh.

Sebagian besar orang mengalami penurunan berat badan dengan diet 1.600 kalori. Dan tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa asam lemak tunggal tidak jenuh yang terkandung di dalam alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, kacang kedelai, cokelat, minyak  zaitun dan canola oil merupakan pilihan lemak terbaik yang terbukti bermanfaat, seperti mengurangi risiko penyakit jantung.

Tapi, menurut para pakar, tetap saja tidak ada makanan ajaib yang bisa langsung menghilangkan lemak perut. Meskipun jenis lemak ini sehat, tapi tetap saja mengandung kalori 2 kali lebih banyak dibandingkan karbohidrat dan protein.

Bisakah olahraga ratakan perut?

Jika Anda memang perlu menurunkan berat badan, maka ratusan crunches per hari tetap tidak akan meratakan perut Anda. Jika otot-otot perut Anda tidak ditutupi dengan lemak berlebih, maka menguatkannya dengan olahraga bisa membuat perut terlihat lebih kencang dan langsing. Tapi, olahraga yang khusus di area tertentu tidak akan menghilangkan lemak perut.

"Jika Anda ingin menghilangkan lemak perut dan menjaganya tetap langing, Anda harus menerapkan diet sehat dengan kalori terkontrol serta olahraga teratur, sekitar 60 menit dengan aktivitas tingkat sedang sehari," terang Christine Rosenbloom, PhD, RD., pakar nutrisi dari Georgia State University.

0 komentar