Sukses Cegah Hordeolom Dengan Cara Bijak

di tulis oleh Irfandi William Gates | 03.00 | | 0 komentar »


Sukses Cegah Hordeolom Dengan Cara Bijak

Kurang tidur, terlalu banyak membaca, atau menonton televisi bisa membuat mata lelah dan gatal. Kemudian bisa terjadi peradangan. (SuaraMedia News)
Kurang tidur, terlalu banyak membaca, atau menonton televisi bisa membuat mata lelah dan gatal. Kemudian bisa terjadi peradangan. (SuaraMedia News)
Mata sebagai salah satu indera penglihatan merupakan bagian yang sangat sensitif. Jika mata Anda terkena bakteri, akan terjadi iritasi. Mata bisa memerah, bengkak, dan gatal. Kalau sudah begitu, Anda mengalami hordeolum.
Hordeolum atau yang lebih kita kenal dengan bintitan adalah suatu infeksi pada satu atau beberapa kelenjar yang terletak di tepi atau di bawah kelopak mata. Hordeolum ini berisi nanah. Jika bertambah besar, hordeolum bisa menyulitkan penderita untuk melihat dengan jelas karena mata tak terbuka secara optimal.

Meskipun hordeolum bukan merupakan penyakit dengan gangguan serius, hordeolum bisa timbul lebih dari satu dalam suatu waktu yang disebabkan oleh peradangan yang meluas di kelopak mata. Kondisi ini disebut dengan blefaritis.

Agar bebas dari penyakit hordeolum, Anda bisa mengikuti saran berikut ini:

Jaga kebersihan

Sebenarnya menjaga kebersihan tidak sebatas pada kelopak mata saja karena menjaga kebersihan tubuh secara menyeluruh dianjurkan secara medis. Intinya, bila kebersihan tubuh selalu terjaga, setidaknya Anda meminimalkan peluang bakteri menginfeksi atau menimbulkan peradangan, termasuk pada bagian kelopak mata yang menyebabkan bintitan.


Kebiasaan cuci tangan
Seperti sudah disebut, pada usia anak-anak, bintitan paling sering terjadi. Itu karena tangan anak Anda yang kotor digunakan untuk mengucek mata yang terasa gatal. Meski kelihatannya sepele, gerakan kecil ini bisa memunculkan efek yang besar. Kalau ada bakteri yang ikut terbawa, bukan tidak mungkin terjadi bintitan.

Waspada jika sering gatal

Bila mata sering terasa gatal, sebaiknya bersihkan dengan tetes mata atau dikompres. Sangat mungkin rasa gatal tersebut merupakan gejala awal terjadinya peradangan.

Mata lelah

Kurang tidur, terlalu banyak membaca, main games di komputer atau menonton televisi bisa membuat mata lelah dan gatal. Kemudian bisa terjadi peradangan.

Kompres dengan air hangat

Kompres dengan kain yang direndam dalam air hangat. Caranya, kain atau handuk kecil direndam dalam air hangat kemudian diusapkan ke mata secara perlahan. Lakukan 3 kali sehari. Keuntungannya, mata terasa lebih segar karena tetesan air hangat bisa langsung terasa di mata.

Kompres dengan botol diisi air hangat

Caranya, cuci botol sampai bersih kemudian isi dengan air hangat. Letakkan botol tersebut di kelopak mata yang terasa mengeras atau mengganjal. Keuntungannya, lebih praktis karena tidak ada tetesan air.

0 komentar