Jika Bill Gates Bisa Sukses, Kita Juga Bisa!

di tulis oleh Irfandi William Gates | 02.12 | 0 komentar »

Jika Bill Gates Bisa Sukses, Kita Juga Bisa!
Oleh: irfandi s


Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates? Hampir setiap PC di seluruh dunia menggunakan aplikasi program komputer miliknya. Sebagai pemilik Microsof Corporation, ia merupakan salah satu orang yang tercatat sebagai orang paling kaya abad ini dengan kekayaan  $ 46.6 milyar pada tahun 2004.
Bill Gates yang memiliki nama lengkap William Henry Gates III merupakan anak kedua pasangan Bill Gates Jr. dan Mary Maxwel yang dilahirkan di Seatle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Sejak kecil ia dapat dengan mudah mengikuti pendidikan di sekolah dasar, kemudian ketika melanjutkan ke sekolah “LAKESIDE” ia dengan mudah menyelesaikan pelajaran komputer yang dirancang untuk satu tahun hanya dalam waktu satu minggu saja. Kemampuan komputernya semakin berkembang, saat di Lakeside, ia sudah mampu meng”hack” komputer yang ada di sekolahnya.
Bisnis pertama yang dilakoninya adalah program komputer sistem pembayaran untuk Information Science Inc. Kemudian ia mendirikan perusahaan pertamanya Traf-O-Data bersama temannya Paul Allen.
Pada tahun 1973, Bill melanjutkan sekolahnya di fakultas hukum, Harvard University. Namun sayangnya perhatiannya dan ketertarikannya lebih tertuju pada komputer dibandingkan hukum sehingga ia meninggalkan sekolah hukumnya. Sekitar tahun 1975, ia mendirikan Microsoft setelah setahun sebelumnya sukses dengan program komputer BASIC hasil garapannya bersama temannya Paul Allen. Saat ini Microsoft telah menguasai pangsa pasar dunia melalui windows 95,windows 98, windows 2000 dan XP.
Dibalik kesuksesan Bill Gates dan kemampuannya yang luar biasa dalam dunia komputer, tentunya didukung oleh berbagai aspek. Dimulai dari kesadaran bahwa karyanya bernilai ekonomis dan dapat membawa banyak keuntungan di masa yang akan datang, tentunya membuat ia mulai berfikir untuk melindungi karyanya tersebut. Kesadaran atas pentingnya perlindungan atas hak kekayaan intelektual yang dimilikinyalah yang membawanya pada puncak kejayaan. 
Ketika ia mulai menghargai hasil karya intelektualnya, mendaftarkannya dan mendapatkan perlindungan atas karya intelektualnya, mulai saat itulah ia bisa mendapatkan keuntungan secara ekonomis atas hak eksklusif yang dimilikinya. Hampir seluruh kekayaan yang dimilikinya saat ini didapat melalui lisensi atas karyanya.
Kita pun tentunya bisa melakukan apa yang dikerjakan oleh Bill. Pertama-tama, tentunya yang harus kita lakukan adalah menghasilkan suatu produk intelektual. Selanjutnya kita harus menyadari betul bahwa untuk mendapatkan keuntungan ekonomis atas suatu karya, kita tidak bisa berhenti sampai pada tahap mencipta atau menemukan saja. Kita harus menjualnya atau melisensikannya. Untuk melindungi investasi kita tersebut, maka kita perlu melindungi hak ekonomis atas produk intelektual kita.
Caranya ialah dengan melakukan perlindungan atas produk intelektual kita tersebut. Yaitu dengan mendaftarkan produk intelektual anda sebagai paten, merek, desain industri dan sebagainya. Itu bukanlah hal yang sulit, melalui pendaftaran HKI dan mendapatkan perlindungan atasnya maka kita akan memiliki hak ekskusif untuk menggunakannya. Dampak dari hak tersebut adalah hanya anda satu-satunya yang mempunyai hak untuk menggunakan karya tersebut. Apabila orang lain ingin menggunakan karya tersebut, mereka harus membelinya dari anda.
Berpegang pada hak eksklusif yang dimiliki tersebut, kita bisa memulai bisnis baik dengan memberikan lisensi kepada pihak lain untuk memproduksi ataupun bekerjasama dengan berbagai pihak dalam dunia industri untuk produksi dan pengembangannya. Berangkat dari kepemilikan atas hak eksklusif itulah kita bisa mulai menghitung keuntungan ekonomis yang bisa didapat melalui royalty atas hak tersebut. Inilah yang dilakukan oleh Bill Gates. Tanpa adanya perlindungan dan hak eksklusif atas karya anda, maka anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan tersebut.  
Jika anda ingin menjadi seperti Bill Gates, temukanlah potensi diri anda dan kembangkanlah. Kemudian belajarlah untuk mulai menghargai karya anda dengan melindunginya. Bukan hal yang sulit apabila kita mau berusaha dan mulai menghargai karya milik kita sendiri. Bisa anda bayangkan berapa nilai yang bisa anda dapat dengan melindungi karya anda. Kalau Bill Gates saja bisa, maka kita pun bisa!!!
***

0 komentar