Cara Cerdas Manjakan Kaki Bengkak Dan Perawatannya

di tulis oleh Irfandi William Gates | 03.14 | | 0 komentar »


Cara Cerdas Manjakan Kaki Bengkak Dan Perawatannya

Celupkan kaki Anda ke dalam baskom berisi air dingin atau duduklah di sisi bak mandi dengan kaki terendam di dalam bak berisi air dingin. (SuaraMedia News)
Celupkan kaki Anda ke dalam baskom berisi air dingin atau duduklah di sisi bak mandi dengan kaki terendam di dalam bak berisi air dingin. (SuaraMedia News)
Berdiri seharian, mendaki atau mengendarai mobil untuk jangka waktu lama bisa membuat kaki Anda membengkak, sakit dan kelelahan di penghujung hari. Sebagian besar rasa sakit dan nyeri di kaki disebabkan oleh ketidakseimbangan otot-otot karena terlalu sering terlipat atau terlalu sering tegang. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba.

Istirahatkan kaki dengan posisi lebih tinggi dari kepala selama 10 menit. Anda bisa melakukannya dengan berbaring di tempat tidur sambil mengangkat kaki ke dinding atau menempatkan kaki di atas kepala tempat tidur, atau berbaring di lantai sambil mengistirahatkan kaki di ujung kursi. Cara ini membantu menghilangkan bengkak pada kaki karena cairan yang terjebak di area kaki kembali bergerak ke arah jantung.

Celupkan kaki Anda ke dalam baskom berisi air dingin atau duduklah di sisi bak mandi dengan kaki terendam di dalam bak berisi air dingin.

Gulingkan telapak kaki Anda di atas sepasang kaleng minuman yang baru saja dikeluarkan dari lemari pendingin. Atau saat santai menonton TV, cobalah guling-gulingkan kaki Anda di atas bola tennis. 

Semprot kaki Anda dengan spray pendingin kaki.

Pijatlah kaki Anda secara perlahan. Cara ini bisa membantu menghilangkan rasa nyeri di kaki.

Latihlah jari-jari kaki Anda dengan berusaha mengambil benda (seperti pensil) dengan jari kaki. Jika memungkinkan, lakukan di kedua kaki secara bersamaan.
Jika suhu ruangan Anda terlalu panas atau terlalu dingin, cobalah membuatnya lebih nyaman dengan melepaskan pakaian yang berlebihan atau menutup tubuh Anda dengan selimut.

Kaki kelihatannya hampir mirip dengan tangan. Tetapi, kaki tidak selalu mendapatkan perawatan yang sama dengan tangan. Karena tangan lebih sering terbuka, maka kita biasanya lebih memperhatikannya dengan melakukan manicure, memakai krim serta lotion. Kadang-kadang, kita mungkin dengan mudahnya mengabaikan kaki. Padahal hal ini bisa mengakibatkan kuku jari kaki menjadi kuning dan tebal, kulit kaki jadi kering dan mengelupas, serta bisa mengakibatkan terjadinya penyakit seperti infeksi. Perawatan kaki tidaklah sulit, Anda bisa mencoba beberapa tip sederhana berikut.

1. Jangan lupa cuci kaki sebelum tidur.
 Jika Anda membiarkan kotoran menempel di permukaan kulit, maka kulit bisa mengalami iritasi dan infeksi. Jadi, pastikan Anda mencuci kaki setiap malam dengan sabun dan air hangat.

2. Setelah mencuci kaki, jangan lupa keringkan kaki Anda. Tapi jangan digosok, dekatkan handuk secara perlahan. Kemudian pakailah krim pelembab kaki (bukan body lotion).

3. Pijat kaki. Manjakan kaki Anda dengan pijatan lembut. Anda bisa menggunakan olive oil, yogurt, susu hangat, atau jus lemon. Pijatlah kaki secara perlahan, pastikan jangan ada bagian kaki yang tertinggal.

4. Jika Anda menggunakan yogurt untuk memijat, sebaiknya cucilah kaki dengan air hangat hingga bersih. Tetapi, jika Anda menggunakan olive oil, biarkan beberapa saat. Olive oil bagus untuk kulit Anda.

5. Jangan lupa membersihkan kulit yang mengeras dengan menggunakan batu apung secara teratur.

6. Jangan lupa potong kuku Anda dengan arah lurus. Jangan pernah memotong dari sisi sudut atau bawah. Hal ini bisa menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam.

7. Jika Anda harus mengenakan sepatu berhak tinggi saat bekerja, sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman saat pergi dan pulang kerja. Sepatu hak tinggi Anda cukup dipakai saat di kantor saja. Selain itu, variasikan hak sepatu Anda, dari yang rendah, sedang hingga tinggi.

8. Jika hendak membeli sepatu, belilah di siang hari. Kaki akan mengembang seiring dengan berjalannya waktu setiap hari dan akan berada pada ukuran terbesar di siang hari. Jika sepatu yang Anda beli cocok dengan ukuran kaki Anda di siang hari, maka bisa dipastikan kalau sepatu tersebut akan selalu nyaman untuk dipakai.

9. Pahami kaki Anda. Pastikan Anda hanya memakai sepatu hak tinggi hanya pada acara tertentu saja.

10. Pastikan Anda mengganti kaus kaki setiap hari.

11. Jangan lupa memakai sandal jepit di tempat umum seperti kamar mandi di gym, kolam renang, atau kamar mandi hotel. Hal ini untuk menghindari munculnya kutil pada kaki.

Bagaimanapun juga, perawatan kaki sangat penting. Hal ini karena kaki mengandung unsur penting yang mendukung kesehatan Anda secara umum. Berikut fakta penting seputar kaki:


  • Masing-masing kaki mengandung 26 tulang dan lebih dari 100 ligamen.
  • Kaki Anda mengandung lebih dari 1/4 tulang yang Anda di tubuh Anda
  • Kulit kaki Anda mempunyai 7000 saraf.
  • Masing-masing kaki mempunyai lebih dari 125.000 kelenjar keringat. Jumlah yang lebih banyak dibandingkan bagian tubuh manapun.
  • Kaki Anda memproduksi satu mangkok kecil (mangkok tempat merebus telur) keringat setiap harinya.

0 komentar